28 Juni 2012

Cara Merawat Laptop

 
Selamat malam para pengunjung. Kali ini, bagi yang punya laptop/ notebook, pastilah maunya laptop sobat bagus,indah, dan selalu bersih tanpa debu. Akan tetapi, banyak diantaranya melupakannya. Lupa karena akan tugas menumpuk. Lupa karena malas ( ini konyol ya XD ). Ataupun sebagainya. Oke sob, kali ini saya akan membagikan sesuatu yg patut anda pelototin :

 
Cara Merawat Laptop Anda dari Segi Hardware :
1. Bersihkanlah dengan memakai lap lembab/kering. Gosokan ke LCD laptop pelan aja. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu lemah.  Kalau perlu, pake aja sabun ( bener nggak ya ? )
2. Kurangi/kontrolah kebiasaan makan dan minum di depan laptop. Ini dikhawatirkan pecahan makanan yang sobat makan itu jatuh ke dalam sela-sela keyboard. 
3. Bersihkanlah sela-sela keyboard secara berkala. Minimum 1 bulan sekali. Bersihkanlah dengan memakai ujung tusuk gigi atau sebagainya. Pelan-pelan aja. Nggak usah terburu2.
4.  Jangan sering menaruh makanan/minuman di samping laptop. Takutnya makanan/minuman itu jatuh ke keyboard anda dan menyebabkan korsleting. BAHAYA KAN SOB ??
5. Bersihkanlah interior laptop seperti prosessor, RAM, dsb secara rutin dan berkala. Dan bukanya jangan asal sembarangan, harus dibuka oleh ahlinya. :)
6. Jangan mencontoh kebiasaan mencabut kabel langsung tanpa pencet tombol shutdown. Ini dapat memperpendek umur hardware/komponen laptop.

Cara Merawat Laptop dari Segi Software :
1. Installah software yang anda perlu saja. Games, dan lain sebagainya hanya sedikit saja atau bahkan tidak ada sama sekali ada di laptop sobat...... Hhehehe...
2. Kurangi startup dari program-program yang tak berguna. Ini memicu penggunaan energi listrik lebih besar dan memperberat kinerja laptop sobat.
3. Bersihkan komputer anda dari registry, shortcuts, temporary, junk files, dan lain-lain secara rutin dan sering-sering. Biasanya, beberapa file sampah itu akan membuat berat komputer aja dan menyita Free Space harddisk laptop sobat, tentunya dengan memakai software utilities Tuneup Utilities,dsb. XD
4.  Rapikan ( Defrag ) file-file anda minimum 1 setengah bulan. File perlu dirapikan ibarat rak buku yang sudah berantakan, dan mau dirapikan lagi. kalau file sobat di komputer banyak ke fragment/terpecah/tidak rapi, itu akan meyulitkan sistem untuk mengumpulkan data2 untuk dijalankan. Layaknya anda bingung mencari buku bertema "lingkungan" jika rak bukunya berantakan alias tidak rapi. Beberapa software gratis dan hebat untuk men-defrag komputer sobat sekalian ialah Smart Defrag, Autologistic Defrag, dsb. :D
5. Buanglah file yang anda merasa sudah tidak berguna lagi dan menyita ruang kosong harddisk. 
6. Tutup atau bunuh istilah kejamnya program-program yang sudah anda tidak gunakan. Hhahaahahaha... :D

Sekian dari saya artikel Cara Merawat Laptop Anda...bla..bla.bla...
Selamat malam sobat dan semoga anda puas apa yang saya tulis ini.
Kapan2 datang lagi ya ! :)
 
Jangan Lupa Ya Follow and Like Blog Ini Agar Update Terussss............>.<

1 komentar:

  1. mantap kaka,,tips yang bisa dicoba,, hehe follback blog ane,,http://jodyworld.id-fb.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...